Home > Teknologi Material > MATERIAL TERTUA DI DUNIA

MATERIAL TERTUA DI DUNIA

December 14th, 2011 Leave a comment Go to comments

Pada umumnya yang memiliki umur semakin tua semakin popular juga karena sudah lebih awal dikenal oleh masyarakat. Akan tetapi hal ini tidak berlaku dalam bidang material.  Amati saja semua peralatan yang Anda pergunakan dalam keseharian selama ini. Kebanyakan material yang dipergunakan dalam pembuatan peralatan rumah tangga sekarang ini terbuat dari logam seperti Aluminium, Stainless Steel, dan Plastik (Komposit). Kendaraan yang anda miliki sebagian besar terbuat dari logam dengan kombinasi material polimer dalam bentuk komposit. Pada dasarnya material yang kita pergunakan dalam keseharian kebanyakan berasal dari jenis logam dan komposit. Akan tetapi logam dan komposit bukanlah material yang tertua dari semua jenis material yang ada di bumi ini. Lihat saja periodesasi penggunaan material di seluruh dunia yang ditampilkan dalam sebuah grafik disini.

Menurut sejarah yang juga tercantum dalam grafik tersebut bahwa material yang tertua di dunia ini adalah Keramik. Keramik sudah dikenal oleh nenek moyang kita pada zaman Prasejarah  (>10.000 SM). Sedangkan material logam baru dikenal oleh nenek moyang pada Tahun (1000 SM-Th. 1620). Akan tetapi mengapa Keramik tidak sepopular material logam dan komposit padahal Keramik sudah terkenal dengan sifat kekerasannya yang sangat tinggi, memiliki titik melting tinggi, bersifat menghambat perambatan panas, tahan terhadap abrasive, dsb. Pada intinya material yang terkenal dengan keras dan kuat adalah Keramik.

Memang segala sesuatu yang baik ternyata tidak seluruhnya baik, pasti ada kelemahannya. Seperti halnya material Keramik juga memiliki kelemahan yaitu bersifat getas dan sulit untuk dibentuk. Hanya sifat mekanis inilah yang menjadi kelemahan material Keramik ini. Selain itu dari segi proses pembuatan, Keramik juga memang lebih rumit dari pada jenis material yang lain.

Akan tetapi peralatan-peralatan yang pergunakan dalam keseharian kita sangat membutuhkan sifat ulet dan mudah dibentuk. Makanya material Keramik sampai sekarang ini belum begitu popular dipergunakan dimasyarakat hanya terbatas pada peralatan yang sedikit menggunakan sifat ulet dan kemudahan untuk dibentuk saja.

Maka dari itu penelitian yang selama ini dilakukan adalah bagaimana menciptakan material Keramik dengan sifat keuletan dan kemudahan bentuk yang setinggi-tingginya. Apabila keuletan dan kemudahan dalam pembentukan ini dapat mengimbangi material logam sudah dapat dipastikan material logam akan segera ditinggalkan secepatnya.

  1. December 14th, 2011 at 08:58 | #1

    ternyata gitu ya ceritanya??
    jadi membayangkan jika perabot rumah tangga semua dari keramik.., masaknya pasti tambah rame, soalnya kalau tanpa sengaja jatuh pasti rame bunyinya… hehe

  2. December 14th, 2011 at 11:30 | #2

    Wahh…lengkap juga ini artikel membahas tentang material…terima kasih buat infonya :)

  3. December 14th, 2011 at 14:31 | #3

    apakah keramik di rumah saya juga termasuk yang tertua di dunia??! hmm.. :)

  4. December 14th, 2011 at 21:39 | #4

    wow …. bener2 baru tahu, mas amin, kalau keramik terbilang material tertua di dunia. setahu saya keramik, kalau dilihat dari model dan cara penggarapannya termasuk material yang cukup muda. hmm .. ternyata malah sebaliknya. sungguh informatif.

    • December 17th, 2011 at 20:20 | #5

      Yach, sekedar mengungkap sejarah yang terpendam saja kok Pak Wali…

  5. December 15th, 2011 at 04:10 | #6

    Mengapa keramik tak sepopuler logam, saya kira karena faktor mudah pecahnya itu. Tapi untuk alat memasak keramik sepertinya emang lebih sukar di handel selain sifat lambatnya penghantar panas tersebut. Dia kan terlalu masih dan berat? Tapi kalau sebagai piring dan mangkuk keramik kan masih digunakan secara luas. Sepertinya kita merasa lebih beradap kalau makan dengan piring keramik ataupun dengan piring kaleng atau plastik :)

  6. December 15th, 2011 at 04:44 | #7

    dek rumah ada cm buat vas hehehehehhe….

    salam persahabatan selalu dr MENONE

  7. December 15th, 2011 at 06:02 | #8

    tuaan mana keramik sama adminnya blog ini ?

    hwehehehe..
    piss bleh (^_^)V

    • December 16th, 2011 at 22:26 | #9

      Kalau saya sich baru seumur jagung aja, belum ada apa2nya …

Comment pages
1 2 646
  1. No trackbacks yet.