Home > Komposit > PENELITIAN ROTAN MARAK DILAKUKAN – IRONISNYA HASIL PANEN ROTAN DIEKSPORT BESAR-BESARAN

PENELITIAN ROTAN MARAK DILAKUKAN – IRONISNYA HASIL PANEN ROTAN DIEKSPORT BESAR-BESARAN

February 13th, 2011 Leave a comment Go to comments

Slogan para leluhur Bangsa Indonesia yang merefleksikan kondisi tanah Indonesia sebagai media tanam yang subur dan cocok untuk ditanami segala macam jenis tanaman dengan “gemah ripah loh jinawi” ini  memang sudah tepat sekali.

Hampir semua jenis tanaman dapat ditanam di Indonesia.

Rotan yang tidak semua Negara dapat menanamnya, bangsa kita dapat dengan mudah untuk menanamnya dan dapat memberikan hasil yang memuaskan.

Saat ini Bangsa Indonesia dapat menghasilkan rotan dalam jumlah yang melimpah sehingga mampu menjadi Negara pengeksport rotan ke Negara tetangga, semisal Cina dan lainnya.

Bagi kalangan industri hanya mampu untuk mengolah rotan  menjadi barang jadi dalam jumlah yang kecil saja.

Apabila diamati bahwa industri pengolah rotan sebagian besar masih terpaku pada produk kerajinan saja.

Padahal rotan terbukti memiliki sifat mekanik (mechanical properties) yang cukup baik, seperti kekuatan tarik yang besar, kekuatan bending yang tinggi, memiliki densitas yang relative rendah, dan sifat baik lainnya.

Apabila rotan yang memiliki sifat mekanik yang sangat baik ini hanya diambil keunggulannya dari segi estetikanya (kerajinan) saja, ini merupakan langkah yang kurang tepat.

Sekarang ini banyak peneliti yang berkecimpung dalam mencari material kuat dengan melakukan penambahan penguat (reinforcement) pada material pokoknya.

Menurut beberapa peneliti bahwa rotan juga dapat dijadikan sebagai penguat (reinforcement) pada matrik dalam bentuk serat atau fiber dalam sebuah komposit.

Komposit merupakan gabungan dari beberapa material dengan sifat mekanik yang saling memperkuat antar material penyusunnya.

Keunggulan dari material komposit adalah ulet, kuat dan ringan.

Mengingat sifat baik dari komposit tersebut maka komposit banyak diaplikasikan sebagai material pada komponen pesawat terbang, otomotif, alat-alat olah raga, dsb.